Sikap Yang Perlu Dimiliki Oleh Pengusaha – Apa yang anda jawab ketika ditanya mengenai cita-cita sewaktu kecil? Pasti banyak dari anda yang menjawabnya dengan dokter, pilot, astronot, guru, dosen, dan lain sebagainya. Penawaran gaji yang fantastis tentu saja menjadi salah satu faktornya. Untuk yang menjawab guru, biasanya karena label  ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ selalu terngiang-ngiang dalam kepalanya. Sehingga banyak orang yang kemudian memilih untuk menjadi pahlawan tanpa harus melalui perang atau perlawanan terlebih dahulu.

Bagaimana dengan menjadi pengusaha? Rupanya masih banyak yang belum menyadari suksesnya menjadi pengusaha. Banyak dari mereka yang masih berpikiran takut gagal, belum cukup modal, takut penghasilan nggak stabil, takut rugi, dan lain sebagainya. Sehingga banyak yang mencari alternatif dengan mendaftar CPNS. Sebab menjadi seorang PNS, tidak perlu lagi memikirkan gaji dan tunjangan karena sudah bersifat pasti. Padahal apabila anda memilih untuk membuka usaha, asal anda menjalankannya dengan baik, produk apapun yang anda tawarkan akan memberikan keuntungan yang tidak main-main nilainya.

Memang dalam memulai segala sesuatu tidaklah mudah. Semuanya butuh kerja keras. Begitu pun dengan berbisnis. Anda juga harus bekerja keras agar bisa berhasil membangun bisnis. Sebab, kesuksesan tidak bisa diraih secara instan. Tidak semua pengusaha langsung bisa meraih kesuksesannya. Setiap pebisnis pasti diawali dengan kegagalan dan jatuh bangun dalam memulai bisnisnya. Meski demikian, segala kemampuan harus dikerahkan semaksimal mungkin untuk mencapai suatu tujuan.

Namun kerja keras saja tidaklah cukup. Ada beberapa sikap yang harus anda miliki untuk menjadi pengusaha atau pebisnis. Dalam hal ini, tentu saja anda juga harus mampu menghadapi persaingan usaha.

Dikutip dari laman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (LPDB KUMKM), Berikut 5 sikap yang harus dimiliki seorang pengusaha atau pebisnis jika ingin memulai suatu bisnis dengan sukses,

  1. Memiliki kemauan keras

Yang pertama tentu saja memiliki kemauan yang keras. Ini merupakan modal awal yang lebih penting daripada uang. Sebab memiliki ide segar dan banyak saja tidak cukup, anda juga harus berkemauan keras terhadap mimpi untuk menikmati hasil dari bisnis yang dijalankan.

  1. Bertekad kuat

Selanjutnya anda harus bertekad kuat dengan action plan yang sudah anda susun sebelumnya. Namun untuk selalu berada di jalur yang sudah anda susun memanglah tidak mudah. Belum lagi, adanya gangguan-gangguan yang menggiurkan. Itulah mengapa anda perlu tekad yang kuat untuk menjalankan action plan tersebut.

  1. Berani mengambil risiko

Setiap keputusan pasti ada risiko. Begitu pun dengan membuka usaha. Dalam bisnis, selalu ada risiko yang mengintai. Yang penting anda berani. Sebab besar kecilnya risiko dapat dilihat dari seberapa berani anda untuk mengambil risiko tersebut. Dalam hal ini, anda memiliki rasa tidak takut untuk gagal. Sebab di balik semua kegagalan akan ada kesuksesan yang datang. Anda juga harus memikirkan terlebih dahulu kemungkinan risiko yang terjadi untuk antisipasi.

BACA : Hal – Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Berbisnis

  1. Tahan banting dan tidak cengeng

Selain kegagalan, dalam berbisnis juga ada banyak cobaan, tantangan, dan kerugian. Hal-hal tersebut yang bisa terjadi dalam berbisnis. Namun bisa menjadi buah pemanis dari kehidupan bisnis. Anda perlu untuk mampu bertahan menghadapi semua itu untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses. Jangan takut untuk merasa gagal atau rugi ketika anda mengalami kegagalan dan kerugian. Justru semua itu bisa jadi pelajaran bagi anda untuk mengetahui kelemahan sekaligus mencari solusinya.

  1. Ikhlas dan selalu bersyukur

Jangan lupa untuk senantiasa bersyukur. Hal ini juga berlaku bagi seorang pebisnis. Ya, pebisnis harus memiliki sikap rendah hati, ikhlas dan pandai bersyukur. Dengan hal ini, anda akan memaknai setiap hasil yang didapatkan dari bisnisnya, meskipun profit yang didapatkan belum besar.

Jadi, sudah siap untuk membuka usaha? Jangan lupa ya untuk menerapkan sikap-sikap tersebut dalam membuka suatu usaha. Lika-liku dalam kehidupan bisnis pasti akan menjadi sebuah jalan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.