Membicarakan soal bisnis pasti kurang kalau tidak membicarakan soal sosok yang memiliki kesuksesan di bidang bisnis. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tokoh yang bisa dijadiakan panutan dalam berbisnis. Sekarang ini hak atas pria dan wanita adalah hal yang paling vokal di gaungkan di semua media baik online maupun ofline. Kesetaraan hak antar pria dan wanita menjadi hal banyak di sorot sehingga wanita bebas berekspresi dan memiliki suara.

Salah satu wanita yang membuktikan kesetaraan hak dan kebebasan perempuan adalah Martha Tilaar, wanita Indonesia yang memiliki bisnis besar di bidang kosmetik. Bagaimana cerita di balik kesuksesan bisnis Martha Tilaar? Berikut ulasanya untuk Anda

Martha Tilaar dan Sariayu

Pernahkah kamu menggunakan produk kecantikan Sariayu? Sariayu memiliki produk mulai dari perawatan wajah sampai perawatan tubuh. Di era digitalisasi ini produk kecantikan Sariayu masih tetap eksis dan banyak digunakan. Konsep yang diusung produk Sariayu adalah kecantikan alami wanita Indonesia. Namun taukah kamu sebelum produk Sariayu dikenal seperti sekarang, ada kisah yang dialami Martha Tilaar untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Martha Tilaar Dulunya Tomboy dan Tidak Bisa Merias Diri

Siapa yang menyangka bahwa Martha Tilaar sang pendiri produk kosmetik Sariayu dulunya tidak suka berdandan dan tomboy? Melihat sikap anaknya yang memiliki karakter tomboy, ibu dari Martha Tilaar mengirimkan Martha Tilaar ke ahli kecantikan. Disini Martha Tilaar belajar cara merias diri.

Baca Informasi : Hal Dasar Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berbisnis

Sudah Berdagang Sejak Kecil

Martha Tilaar sudah terbiasa menjual hasil kreasinya sendiri di waktu kecil, sehingga hidup mandiri dan kreatifitasnya sudah dibiasakan sejak kecil. Orang yang mendorong Martha Tilaar untuk berdagang adalah ibunya sendiri, hal ini dilakukan karena sang ibu melihat Martha memiliki kemampuan yang kurang dalam bidang akademik. Hasil dagangan dari Martha Tilaar sejak kecil adalah buah-buahan dan aksesories dari biji-bijian.

Pendidikan Martha Tilaar

Pebisnis wanita ini juga memiliki pendidikan yang mumpuni, ia berhasil lolos dari UNJ atau Universitas Negeri Jakarta. Selain itu ia juga lulus dari universitas di Indiana yaitu Academy of Beauty Culture.

Bisnis

Pertama kali masuk di bidang bisnis kecantikan, Martha Tilaar menerapkan ilmu yang ia dapat dari sekolahnya yaitu Academy of Beauty Culture dengan membuka salon, ia mempromosikan salonya tersebut secara door to door, ia memiliki pelanggan pejabat wanita, istri pejabat sampai istri dosen. Lokasi salon pertamanya ini ada di Belanda, yaitu negara dimana suaminya melangsungkan study.  Pindah ke Indonesia, Martha Tillar membangun salon di garasi kecil rumahnya dan berkembang dengan baik, ia mempromosikan salonya ke mantan pelanggannya dulu sewaktu di Belanda. Akhirnya ia membuka cabang salonya di Jakarta. Martha Tilaar memiliki kesempatan yang lebih besar dengan mendapatkan penawaran dari PT Kalbe Farma. Dalam produksinya, ternyata produk Martha Tilaar yang dikenal dengan Sariayu diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, hingga sampai sekarang produk Sariayu cukup populer dan banyak digunakan. Dalam pengembangan bisnisnya ini Martha Tilaar sempat ditolak oleh salah satu Bank ketika ia meminjam dana untuk modal bisnis hanya karena ia seorang wanita namun akhirnya ia bisa membuktikan bahwa wanita bisa berjaya.